SAMBUTAN DIREKTUR PEMBERDAYAAN INFORMATIKA DIREKTORAT JENDERAL APLIKASI INFORMATIKA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Posted by:

Dir

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Seiring dengan dinamika masyarakat global yang kian terbuka, akses terhadap informasi juga makin cepat dan mudah. Dunia virtual yang menyajikan informasi tanpa dibatasi dimensi ruang dan waktu bisa dioptimalkan untuk peningkatan mutu pembelajaran. Sumber-sumber dan bahan pembelajaran yang aktual dan menarik bisa dengan mudah didapatkan melalui internet. Saat ini semua generasi bisa memanfaatkan internet untuk pembelajaran dan mencari informasi yang diperlukan. Namun penggunaan internet oleh generasi muda selalu perlu diingatkan bahwa prinsip dasar dalam menggunakan internet yaitu norma yang berlaku di ‘real space’ sama dengan ‘cyber space’ baik di dunia nyata sama dengan baiknya di dunia cyber, buruk di dunia nyata sama buruknya di dunia cyber. Perilaku negatif atau yang tidak sesuai dengan kaidah di dunia nyata juga berlaku di dunia cyber. Oleh karena itu perilaku positif di dunia nyata juga harus dilakukan di dunia cyber.

Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet (cyber ethic). Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika setiap tahun sejak tahun 2009, sudah mencanangkan gerakan internet sehat dan aman. Himbauan ini diberikan pada semua masyarakat, baik untuk remaja pelajar, mahasiswa, orangtua, guru, bahkan kepada seluruh tokoh masyarahat agar ikut menggunakan dan mengawasi penggunaan internet yang sehat dan aman.

Gerakan ini kemudian dicanangkan dengan adanya “Deklarasi Internet Sehat dan Aman” yang kemudian diterapkan di beberapa propinsi dan kabupaten/kota. Bahkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) juga sudah turut mendeklarasikan penggunaan internet sehat dan aman untuk seluruh sekolah di Indonesia.

Namun itu belum cukup, maka sejak tahun 2013, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencanangkan slogan baru untuk penggunaan internet menjadi “Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (CAKAP)”. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan potensi generasi muda untuk lebih cerdas memilih konten yang berguna dan sesuai etika, Kreatif menciptakan karya baru yang memberikan nilai tambah serta Produktif mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu, dalam mendukung program Pemerintah, dalam penggunaan Internet perlu juga ditanamkan semangat Revolusi Mental yang diwujudkan sebagai Agen Perubahan Informatika yang dapat mengedukasi dan mengajarkan masyarakat dalam memanfaatkan Internet secara CAKAP yang memiliki nilai tambah.

Melalui buku ini, saya berharap masyarakat, khususnya generasi muda dapat lebih arif dan bijak dalam memahami penguasaan pengetahuan serta ketrampilan dan untuk dapat meningkatkan prestasi dan kemampuan dalam menggunakan internet. Saya harapkan, buku ini juga dapat memberikan gambaran umum bahwa dunia internet yang sering disebut juga dengan dunia maya/cyberspace juga ada pengaturannya, etikanya, regulasinya yang tentu harus kita patuhi serta dapat memahami semangat Revolusi Mental terutama dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Akhir kata, saya menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang juga telah membantu dalam meningkatkan kemampuan generasi muda dalam memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif dan produktif.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

Septriana Tangkary

Direktur Pemberdayaan Informatika

0

About the Author:

  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment